Nama sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Eromoko
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pengetahuan
Alam
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VIII (Delapan) / II (Dua)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang,
dan optik dalam produk teknologi sehari – hari.
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
6.3 Menyelidiki
sifat – sifat cahaya yang berhubungan dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
|
Indikator
|
:
|
1. Menentukan sifat bayangan pada cermin
datar.
2. Menghitung jumlah bayangan yang dibentuk
oleh dua cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu
|
Alokasi waktu
|
:
|
2 x 40
menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Produk
a. Siswa
dapat Menyebutkan sifat bayangan pada cermin datar.
b. Siswa
mampu menghitung jumlah bayangan yang dibentuk oleh cermin
sudut
2.
Proses
a. Siswa
dapat memasang alat percobaan dengan benar
b. Siswa
dapat menghitung jumlah bayangan yang dibentuk oleh
cermin sudut pada berbagai sudut yang berbeda.
3.
Ketrampilan proses
a.
Siswa mau meyampaikan
ide
b.
Siswa mau bertanya
c.
Siswa mau bekerja sama
B. Materi Pembelajaran:
Apabila ada cahaya
yang datang menuju ke cermin datar maka cahaya tersebut akan dipantulkan.
Bayangan yang dibentuk oleh
cermin datar bersifat maya, tegak, sama besar dan bertukar sisi.
Apabila dua
buah cermin datar diletakkan sedemikian hingga membentuk sudut tertentu, akan
diperoleh cermin sudut. Apabila sebuah benda diletakkan di depan cermin sudut,
maka oleh cermin 1 akan diperoleh bayangan. Bayangan ini merupakan benda oleh
cermin 2. Bayangan dari cermin 2 ini merupakan benda untuk cermin 1, dan
seterunya sehingga akan terbentuk banyak bayangan.
Banyaknya
bayangan yang terbentuk dapat dihitung dengan rumus:
n =
C. Metode
dan Model Pembelajaran
1.
Metode
pembelajaran : Diskusi, eksperimen
2.
Model Pembelajaran
: Direct Instruction(DI)
D. Sumber
Pembelajaran
1.
Buku Pelajaran IPA-FISIKA BILINGUAL untuk SMP/MTs Kelas
VIII Penerbit : Yrama Widya
2008
2.
LKS
E. Alat
dan Bahan
1.
Cermin Sudut
2.
Jarum pentul
F. Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-Langkah
|
Waktu
|
A. Pendahuluan
Untuk
memulai pelajaran ini, guru mengingatkan bahwa dalam pelajaran ini kita akan
mempelajari Cermin datar dan
sifat-sifat bayangan yang terbentuk.
|
10’
|
B. Kegiatan
Inti
Eksplorasi, dalam kegiatan ini:
·
Guru membimbing siswa
agar siswa segera mem-bentuk/membuat
kelompok (tiap kelompok 5
siswa)
·
Guru membagikan LKS
ke seluruh siswa, sementara salah
satu siswa sebagai perwakilan kelompok untuk mengambil alat praktikum di meja
guru. Kemudian guru menginformasikan kepada siswa
bahwa table yang ada pada LKS
dapat dikerjakan atau dapat diisi jika siswa sudah melaksanakan praktikum. Jika siswa atau
kelompok memerlukan penjelasan tentang penghitungan bayangan, arahkan agar
jawaban guru hanya pada langkah-langkah
praktikum saja. Tekankan pada siswa sebaiknya jawaban atau
isian yang ada pada LKS diperoleh dari hasil praktikum kelompok,
pada saat siswa melakukan
praktikum usahakan guru dapat
berkeliling untuk memantau jalannya praktikum tersebut .
·
Guru menginformasikan
bahwa waktu untuk mengerjakan LKS telah habis. Siswa diminta untuk
menyelesaikan soal
yang ada pada LKS. Guru terus membimbing pada saat siswa sedang mengerjakan
tugasnya.
Elaborasi
Dalam
kegiatan Elaborasi guru:
a.
Membimbing siswa dalam berdiskusi mengerjakan LKS dengan teliti
dan penuh tanggung jawab.
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis,
menganalisis dan menyelesaikan masalah serta bertindak tanpa rasa takut.
c.
Koordinator kelompok diminta untuk menyebutkan sifat cahaya dan
hukum pemantulan cahaya
d.
Mengingatkan siswa untuk menghormati pendapat teman dan untuk
selalu bekerja sama dalam kelompok.
Konfirmasi
a.
Guru bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
oleh siswa
b.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahpahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
50’
|
C. Penutup
·
Guru
memilih beberapa kelompok untuk mempresentasi-kan
hasil pekerjaannya. Guru meminta
tanggapan kelompok lain kemungkinan atas jawaban yang berlainan. Sementara
siswa diminta untuk mencatat/merangkum hasil kesimpulan akhir dari jawaban
yang benar.
·
Guru memberi penghargaan terhadap
kelompok terbaik atau individu atas usahanya
|
20’
|
G. Penilaian
·
Teknik Penilaian :
1. Penilaian
Produk : tes tertulis
2. Penilaian
Proses : Lembar Observasi (pengamatan)
3. Penilaian
Ketrampilan Proses : Lembar Observasi (pengamatan)
·
Alat
penilaian/Instrumen
1. Tes
Tertulis :
1. Apabila cahaya mengenai cermin datar, maka cahaya
akan di….
2. Sebutkan
empat sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin
datar!
3. Apabila
dua buah cermin datar disusun membentuk sudut tertentu, maka akan
menghasilkan bayangan yang
jumlahnya …..satu.
4. Persamaan
untuk menghitung jumlah bayangan yang dibentuk oleh dua buah cermin datar
yangdisusun membentuk sudut tertentu adalah… .
5. Dua
buah cermin datas diapitkan sehingga terbentuk sudut 200. Jika sebuah
benda diletakkan diantara kedua cermin tersebut, maka jumlah bayangan yang
terbentuk adalah… .
|
Rubrik Penilaiani Tes
Tertulis :
Alternatif
jawaban/Kunci
|
Skor
|
1. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
2
0
|
2. 4
jawaban benar
3
jawaban benar
2
jawaban benar
1
jawaban benar
Tidak
menjawab
|
4
3
2
1
0
|
3. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
2
0
|
4. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
2
0
|
5. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
2
0
|
Skor
maksimal
|
20
|
Nilai (N) = (Perolehan skor:2) x 10
2. Penilaian
Proses (Lembar observasi/pengamatan)
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Nama
Kelompok : __________________
Kelas : __________________
Anggota Kelompok : __________________
A. Tujuan:
Setelah melakukan
percobaan siswa diharapkan mampu menghitung jumlah bayangan yang dibentuk oleh
dua cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu.
B. Metode:
Eksperimen
C. Alat
dan bahan:
-
Kids
Cermin datar
-
Jarum
pentul atau paku
-
Penggaris
D. Langkah
kerja:
- Susunlah
Kids cermin datar dengan urutan: Busur derajat kemudian cermin datar sehingga cermin dapat
digerakkan hingga membentuk sudut tertentu.
- Atur
cermin sehingga membentuk sudut 300!
- Letakkan
jarum pentul di depan cermin!
- Amati dan
hitunglah jumlah bayangan yang terbentuk! Catat hasil pengamatanmu pada
tabel yang tersedia!
- Ulangi
langkah no 2, 3 dan 4 untuk sudut yang berbeda yaitu 450,600,900,1800!
- Tabel
Pengamatan:
No
|
Sudut
(α)
|
Jumlah bayangan yang dibentuk
(n)
|
1
|
300
|
|
2
|
450
|
|
3
|
600
|
|
4
|
900
|
|
5
|
1800
|
|
Rubrik Penilaiani Proses :
Alternatif
jawaban/Kunci
|
Skor
|
1. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
2. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
3. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
4. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
5. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
Skor
maksimal
|
20
|
Nilai (N) = (Perolehan skor:2) x 10
3. Penilaian
Ketrampilan Proses : Lembar Observasi (pengamatan)
E.
Kesimpulan:(Diambil
setelah praktikum selesai dan secara diskusi kelompok)
1.
Jika Cermin disusun membentuk sudut 1800
(membentuk garis lurus) hanya membentuk... bayangan.
2.
Jika Cermin disusun membentuk sudut 900 akan
membentuk... .bayangan.
3.
Jika Cermin disusun membentuk sudut 300
akan membentuk... .bayangan.
4.
Semakin kecil sudut yang dibentuk, maka jumlah
bayangan yang terjadi semakin... .
5.
Sehingga banyaknya bayangan dapat dihitung dengan
rumus:
|
Rubrik Penilaiani Tes Tertulis :
Alternatif
jawaban/Kunci
|
Skor
|
1. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
2. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
3. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
4. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
5. Sesuai
dengan kunci jawaban
Tidak
sesuai jawaban
atau
tidak menjawab
|
4
1
0
|
Skor
maksimal
|
20
|
Nilai (N) = (Perolehan skor:2) x 10
Eromoko, 2 April 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
IPA
Dra. Lulis
Ambarwati, M.Pd Is
Budiyarti, S.Pd
NIP. 19640908 198803 2 009 NIP. 19740420 199802 2 001
0 komentar