Catatan Harian seorang Guru Sains

Selasa, 22 Mei 2012

PTK-ku


MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEKANAN HIDROSTA TIS DENGAN METODE EKSPERIMEN
 PADA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 EROMOKO
TAHUN 2008/2009

Oleh

Is Budiyarti, S.Pd
Guru Fisika SMP N 1 Eromoko
Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah


ABSTRAK

Is Budiyarti, S.Pd, Meningkatkan Pemahaman Konsep Tekanan Hidrostatis dengan Metode Eksperimen  Pada Kelas VIII D SMP Negeri 1 Eromoko Kab. Wonogiri Tahun 2009.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1 Eromoko kabupaten Wonogiri berlangsung kurang efektif dan efisien hal ini tercermin dari tingkat penguasaan materi yang cenderung tidak bertahan   lama,   lebih  dari  65 %  siswa   kelas VIII D belum dapat memahami kompetensi dasar dengan baik  sehingga prestasi belajar mereka rendah. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dengan siswa, kemudian dilanjutkan sharing ide dengan guru anggota peneliti , serta melihat hasil ulangan harian dan ulangan akhir semester pada kelas VIII, maka sebagai faktor utama yang diprediksikan  sebagai penyebab rendahnya penguasaan / pemahaman kompetensi dasar IPA adalah motivasi belajar siswa rendah, guru belum menerapkan model pembelajaran yang variatif dan menarik serta kurang  melibatkan aktivitas maupun tanggung jawab siswa baik secara individual maupun kelompok.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode ekpserimen baik dari segi penguasan materi pelajaran maupun  motivasi belajar.
Penelitian ini dilakasanakan mulai tanggal 12 Oktober 2008 sampai dengan 5 Januari 2009 di SMP Negeri 1 Eromoko pada kelas VIII Ddengan jumlah peserta didik 34 terdiri dari 16 laki-laki dan 18 perempuan.
Metode pembelajaran eksperimen yaitu dengan melakukan pengujian terhadap pengaruh kedalaman Zat cair terhadap tekanan hidrostatis dengan botol plastik sehingga dapat  meningkatkan pemahaman konsep Tekanan Hidrostatis seiring dengan meningkatnya  prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas VIII D SMP Negeri 1 Eromoko tahun pelajaran 2008/2009. Dengan metode eksperimen dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, peningkatan motivasi belajar siswa, peran aktif siswa, prestasi belajar siswa secara signifikan disamping itu juga menumbuhkan rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap permasalahan kehidupan sehari-hari yang terjadi, serta sangat mempengaruhi terhadap perbaikan kinerja guru dalam pembelajaran.




Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© DUNIA SAINS ESJIRO
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top