MENINGKATKAN PEMAHAMAN
KONSEP TEKANAN HIDROSTA TIS DENGAN METODE EKSPERIMEN
PADA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 EROMOKO
TAHUN 2008/2009
Oleh
Is Budiyarti, S.Pd
Guru Fisika SMP N 1
Eromoko
Kabupaten Wonogiri,
Jawa Tengah
ABSTRAK
Is Budiyarti, S.Pd, Meningkatkan Pemahaman Konsep Tekanan Hidrostatis
dengan Metode Eksperimen Pada Kelas VIII
D SMP Negeri 1 Eromoko Kab. Wonogiri Tahun 2009.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1
Eromoko kabupaten Wonogiri berlangsung kurang efektif dan efisien hal ini
tercermin dari tingkat penguasaan materi yang cenderung tidak bertahan lama,
lebih dari 65 %
siswa kelas VIII D belum dapat
memahami kompetensi dasar dengan baik
sehingga prestasi belajar mereka rendah. Setelah dilakukan observasi dan
wawancara dengan siswa, kemudian dilanjutkan sharing ide dengan guru anggota
peneliti , serta melihat hasil ulangan harian dan ulangan akhir semester pada
kelas VIII, maka sebagai faktor utama yang diprediksikan sebagai penyebab rendahnya penguasaan /
pemahaman kompetensi dasar IPA adalah motivasi belajar siswa rendah, guru belum
menerapkan model pembelajaran yang variatif dan menarik serta kurang melibatkan aktivitas maupun tanggung jawab
siswa baik secara individual maupun kelompok.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini
adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode
ekpserimen baik dari segi penguasan materi pelajaran maupun motivasi belajar.
Penelitian ini dilakasanakan mulai tanggal 12 Oktober
2008 sampai dengan 5 Januari 2009 di SMP
Negeri 1 Eromoko pada kelas VIII Ddengan jumlah peserta didik 34 terdiri dari 16
laki-laki dan 18 perempuan.
Metode pembelajaran
eksperimen yaitu dengan melakukan pengujian terhadap pengaruh kedalaman Zat
cair terhadap tekanan hidrostatis dengan botol plastik sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep Tekanan
Hidrostatis seiring dengan meningkatnya prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada
kelas VIII D SMP Negeri 1 Eromoko
tahun pelajaran 2008/2009. Dengan metode eksperimen dapat memberikan kontribusi
yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, peningkatan motivasi
belajar siswa, peran aktif siswa, prestasi belajar siswa secara signifikan
disamping itu juga menumbuhkan rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap
permasalahan kehidupan sehari-hari yang terjadi, serta sangat mempengaruhi
terhadap perbaikan kinerja guru dalam pembelajaran.
0 komentar