Catatan Harian seorang Guru Sains

Selasa, 22 Mei 2012

Penelitian Tindakan Kelas


PENDEKATAN “SHOULMATE AND SHARING” SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA FISIKA KELAS VIII D
 SMP NEGERI I EROMOKO TAHUN 2010/2011
(SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS)
OLEH: IS BUDIYARTI,S.Pd
GURU SMP NEGERI I EROMOKO, KABUPATEN WONOGIRI, JAWA TENGAH
  







                                                                                                                           
Menurut Mel Silbermen: “You can tell students what they need to know very fast. But they will forget what you tell them even faster”. Yang artinya”Anda dapat memberitahu para peserta didik tentang apa yang perlu mereka ketahui dengan sangat cepat”. Tetapi mereka bahkan akan lebih cepat melupakan apa yang anda beritahukan kepada mereka. Bahkan ada pepatah yang mengatakan “masuk telinga kanan keluar dari telinga kiri”. Hal ini menggambarkan pengajaran yang hanya mementingkan hapalan dan pemahaman kognitif saja tidak akan berhasil meningkatkan kompetensi peserta didik.
Agar proses pembelajaran lebih bermakna dan lebih berhasil, sebaiknya kita menggunakan metode yang melibatkan peserta didik secara aktif atau yang lebih dikenal dengan belajar aktif. Pada saat kegiatan belajar aktif, peserta didik melakukan sebagian besar pekerjaan yang harus dilakukan. Peserta didik menggunakan kemampuannya untuk mempelajari gagasan-gagasan, memecahkan berbagai masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Aktivitas belajar aktif membantu peserta didik untuk menguji perasaan, nilai dan sikap-sikapnya.
Untuk membuat kegiatan belajar aktif, guru dituntut untuk menjadi pribadi yang dinamis, memiliki strategi-strategi pembelajaran yang komprehensif dan kreatif menciptakan pendekatan-pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik di sekolah masing-masing. Hal ini sesuai dengan UU No. 20/2003 pasal 40 ayat (2) Butir a, pendidik berkwajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisk serta psikologis peserta didik.
Salah satu pendekatan yang melibatkan peserta didik secara langsung, menarik dan menyenangkan adalah “shoulmate and Sharing” yaitu suatu pendekatan yang melibatkan secara kelompok dengan membentuk group. Peserta didik diminta membentuk group yang terdiri dari empat orang yang mereka anggap teman dekat(Shoulmate) kemudian mereka duduk dalam satu meja dan saling bertukar pendapat(Sharing) tentang masalah yang diberikan guru tentang konsep-konsep fisika berupa Index Card Math (mencocokkan kartu indeks).
Dengan menempatkan peserta didik dalam kelompok dan memberinya tugas dimana mereka saling tergantung satu sama lain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut merupakan cara yang mengagumkan untuk memberi kemampuan berinteraksi dengan lingkungan social terutama teman satu kelas. Dengan teman sendiri, siswa akan lebih leluasa untuk berbicara mengeluarkan pendapat dan saling berdebat, jika dibandingkan siswa dimintai pendapat dan berbicara dihadapan teman-temannya satu kelas 
Suasana kelas selama pembelajaran dengan pendekatan shoulmate and Sharing ini memang agak gaduh, tapi tetap dengan control guru di kelas maka suasana tetap aktif dan mengarah pada tujuan pembelajaran. Diharapkan suasana pembelajaran yang aktif, interaktif, komunikatif ini prestasi belajar peserta didik menjadi meningkat.
Dari latar belakang masalah diatas, kemudian melihat hasil observasi, wawancara dan sharing ide dengan observer maka terungkap permasalahan sebagai berukut :
Apakah Prestasi belajar IPA dapat meningkat melalui  pendekatan “Shoulmate and Sharing” pada kelas VIII D  SMP Negeri 1 Eromoko tahun 2010/2011.
Kegiatan penelitian tindakan kelas ini direncanakan dua siklus. Penelitian ini diawali kegiatan observasi sebagai penjajagan untuk memperoleh informasi awal dan gambaran terhadap permasalahan yang sedang dihadapi, kemudian diteliti, tindakan yang telah dilakukan oleh guru dan dilanjutkan dengan membahas hasil observasi serta merencanakan dan menetapkan tindakan yang diperlukan.
Rencana penelitian ini menggunakan model proses yang berkesinambungan, mulai dari proses penelitian tindakan  siklus 1, ditindaklanjuti proses penelitian tindakan pada siklus 2.
1.      Hasil Kegiatan Penilaian Proses Tiap Siklus
a.          Siklus  satu
Siklus satu dilaksanaan selama dua pertemuaan, pertemuan satu proses pembelajaran dengan pendekatan Shoulmate and Sharing dan pertemuan kedua mengadakan pos tes. Hasil pengamatan siklus satu menunjukkan siswa sangat antusias dan senang pada saat melakukan proses pembelajaran, meskipun kelas agak gaduh tetapi terlihat interaksi antar siswa, pada saat sharing dengan pasangannya (Shoulmate) sikap toleransi dan kerjasama mulai tumbuh, dalam melakukan presentasi membacakan indeks card masih kurang percaya.
b.         Siklus dua
Berdasarkan hasil refleksi antara peneliti dan guru kolaborator pada siklus satu, maka pada siklus dua siswa diingatkan akan kekurangan dan kelamahan pada siklus satu untuk diperbaiki dan tidak diulang kembali. Kegiatan yang dilakukan pada siklus dua sama dengan siklus dua tetapi ada penambahan tindakan yaitu guru membuat kelompok besar yang berisi empat siswa yang memegang indeks card yang materinya sama kemudian mereka berdiskusi dan saling sharing untuk mengisi Lembar Kerja Siswa (LKS), hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan cara berpikir kritis terhadap permasalahan yang berhubungan materi yang di sampaikan.
Jadi dapat diambil kesimpulan dari kenaikan prosentase siswa yang tuntas tiap siklus dan kenaikan rata-rata nilai tiap siklus menunjukkkan kenaikan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Eromoko tahun pelajaran 2010/2011.

Pendekatan Shoulmate and Sharing adalah suatu pendekatan yang melibatkan secara kelompok dengan membentuk group. Peserta didik diminta membentuk group yang terdiri dari empat orang yang mereka anggap teman dekat(Shoulmate) kemudian mereka duduk dalam satu meja dan saling bertukar pendapat(Sharing) tentang masalah yang diberikan guru tentang konsep-konsep fisika berupa Index Card Math (mencocokkan kartu indeks) sehingga dapat  meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas VIII D SMP Negeri 1 Eromoko tahun pelajaran 2010/2011. Dengan Pendekatan Shoulmate and Sharing dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, peningkatan motivasi belajar siswa, peran aktif siswa, prestasi belajar siswa secara signifikan disamping itu juga menumbuhkan rasa keingintahuan dan sikap kritis terhadap permasalahan kehidupan sehari-hari yang terjadi, serta sangat mempengaruhi terhadap perbaikan kinerja guru dalam pembelajaran.
Penulis menyarankan, demi kelancaran kegiatan pembelajaran khususnya Mata Pelajaran IPA pendekatan Shoulmate and Sharing ini dapat direkomendasikan sebagai pendekatan alternative bagi guru selain kegiatan eksperimen yang alatnya masih sangat terbatas.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

  1. kunjungan perdana untuk persahabatan kita kawan
    sanagat gembira bisa berjumpa blog ini, postingan yang sangat bagus keren, penuh manfaat, saya suka dan mengikuti #
    saya merasa gembira jika anda juka suka dan mengikuti kembali
    terima kasih
    saya menunggu

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© DUNIA SAINS ESJIRO
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top